Apa Pengertian Unicorn Pak?

oleh -187 views
apa sih pengertian dari unicorn?

Andonesia.com – Apa sih pengertian unicorn sebenarnya? Ternyata ini definisinya.

Menurut beberapa literatur hingga lembaga riset internasional menuliskan bahwa unicorn meurupakan suatu perusahaan startup yang mempunyai valuasi nilai hingga US$ 1 miliar.

Startup itu apa? Startup adalah perusahaan yang bergerak di bidang data yang masih baru dirintis.  Jadi Unicorn bukan “online-online itu”, sebagaimana pertanyaan balik dari capres nomor urut dua saat ditanya Jokowi tentang “unicorn”.

Valuasi startup sendiri adalah nilai ekonomi dari bisnis yang dilakukan sebuah startup.

Sebagaimana yang kami kutip dari media “cb” bahwa Insight menuliskan hasil riset diaman pada Januari 2019, saat ini telah ada 300 unicorn di seluruh dunia. Dan yang lebih tinggi kastanya adalah decacorn dimana bervaluasi US$ 10 miliar. Adapun hectocorn bernilai US$ 100 miliar.

Berikut infografinya:

Infografi Unicorn
Berikut rinciannya:

Unicorn = Startup yang memiliki valuasi nilai US$ 1 miliar

Decacorn = Startup yang memiliki valuasi nilai US$ 10 miliar

Hectocorn = Startup yang memiliki valuasi nilai US$ 100 miliar

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara pernah memberikan data, di tahun 2019 ini pemerintah menargetkan akan ada lima startup unicorn di Indonesia.

Menurutnya di Indonesia saat ini, berdasarkan riset yang disebut Presiden Jokowi, mempunyai empat unicorn. 4 unicorn tersebut adalah Go-Jek, Traveloka, Tokopedia, dan Bukalapak.

Karenaya, Indonesia dianggap berpotensi mempunyai dua decacorn tahun ini. “Potensi (decacorn) dua tetapi setidaknya satu. Saya gak mau sebut namanya,” ujar Rudiantara di Hotel Mulia Jakarta, Rabu (9/1/2019).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang merupakan Calon Presiden Nomor Urut 01 menyampaikan pertanyaaan pada Calon Presiden Prabowo Subianto tentang unicorn di pertemuan debat yang kedua tadi malam (red: 17/02/19).

Katanya, “Infrastruktur apa yang akan bapak bangun untuk mendukung pengembangan unicorn-unicorn di Indonesia?” tanya Jokowi kepada Prabowo dalam debat kedua yang diselenggarakan KPU di Hotel Sultan, Minggu (17/2/2019).

Prabowo sempat bertanya balik justru. “Yang bapak maksuk unicorn? unicorn? yang apa itu online-online itu?” tanya Prabowo. (Usm)