Fanatisme Bola Berlebihan

oleh -112 views

Oleh; Mahrus ali

sepak bola adalah cabang olahraga yang masih menjadi favorit dikalangan masyarakat dunia terlebih di negara Indonesia yang mayoritas memiliki basis tersebar diseluruh daerah hal itu tidak bisa dipungkiri sebab sepak bola mempunyai daya magnet tersendri. ada berapa klub yang mempunyai basis suporter terbesar yaitu persib bandung, Arema, Persebaya,persija.

sepak bola pada dasarnya menyatukan bukan menjadi sekat-sekat perbedaan tapi sebagai ajang adu kreasi bukan rasis. fanatisme itu boleh tapi jangan sampai berlebihan seperti apa yanng disampaikan oleh Gubenur Jawa barat Ridwan kamil dalam acara ILC mengatakan fanatisme boleh tapi jangan berlebihan sebab dalam agama pun berlebihan itu tidak boleh.

lagi-lagi sepak bola membuat nyawa melayang seperti kejadian yang terjadi saat pertandingan Persija vs persib. akibat olah sebagian fanatisme sepak bola berlebihan sehingga menghilangkan rasa kemanusian itu sendiri. rivalitas The jak julukan suporter Persija dan Bobotoh julukan suporter Persib bukan hal baru bahkan sering terjadi kericuhan yang teranyar adalah Haringga Sirilla.

bagi saya, sangat miris melihat persoalan sepak bola yang selalu terjadi kericuhan akibat ulah oknum sebagai suporter yang terlalu fanatisme yang berlebihan. sebenarnya persoalan ini terjadi akibat banyak lagu-lagu rasis saat pertandingan semestinya hal itu tidak terjadi.

mungkin saya berasumsi “sepak bola atau mati” Indonesia adalah negara terbesar yang saya rasa banyak potensi besar untuk menjadikan Indonesia lebih berprestasi namun itu seakan hanya ilusi sebab nyawa selalu menjadi persoalan akibat ulah fanatisme berlebihan. Namun saya optimis sepak bola Indonesia akan menjadi barometer dunia.