La Nyalla Puji Dukungan Kiai Muda dan Santri Madura kepada Jokowi-Ma’ruf Amin

oleh -350 views
La Nyalla M Mattalitti bersama KH Ma'ruf Amin

Surabaya, andonesia – Dukungan kepada pasangan capres-cawapres Joko Widodo-Ma’ruf Amin terus mengalir dari warga Madura. Terbaru datang dari kiai muda dan santri.

Selama dua hari berturut-turut, para kiai muda dan santri mendeklarasikan dukungan. Pertama, deklarasi dukungan dari Himpunan Lora Madura (Hilma). Deklarasi berlangsung di Ballroom Hotel Front One Pamekasan, Minggu (13/1/2019).

Keesokan harinya, tepatnya, Senin (14/1/2019) malam, Jaringan Kyai-Santri Nasional (JKSN) Kabupaten Sumenep juga mendeklarasikan dukungan kepada pasangan capres-cawapres nomor urut 01 itu, di Gedung Korpri Sumenep.

Arus dukungan dari para santri dan kiai Madura itu mendapat apresiasi dari Ketua Mejelis Pimpinan Wilayah Pemuda Pancasila Jawa Timur La Nyalla M Mattalitti. Menurutnya, santri dan kiai memberikan dukungan tentu karena banyak alasan. “Ini panggilan sejarah dari kalangan pesantren demi keutuhan negara,” kata La Nyalla saat dikonfirmasi wartawan.

Menurut La Nyalla, dukungan para kiai muda dan santri di Madura tersebut sebagai bentuk tanggungjawab serta penghargaan kaum pesantren terhadap keberhasilan Jokowi selama empat tahun lebih memimpin Indonesia.

“Deklarasi dukungan ini sebuah momentum kemenangan kaum santri, khususnya di Madura,” kata La Nyalla.

La Nyalla optimistis, bermodal dukungan para kiai dan santri, perolehan suara Jokowi-Ma’ruf akan menang mutlak di Madura. “Mari kaum santri kita sambut kemenangan Pak Jokowi dan Kiai Ma’ruf Amin,” tegasnya.

Pada Pilpres 2014 lalu, pasangan Jokowi-Jusuf Kalla kalah telak dari rivalnya, pasangan Prabowo-Hatta, di empat kabupaten di Madura. Perolehan suara Prabowo-Hatta se-Madura sebanyak 1.830.968 suara, sementara Jokowi-JK sebanyak 692.631 suara. Berarti Jokowi-JK kalah telak dari Prabowo-Hatta sebesar 1.133.337 suara. (*)