Petahana Sindir Penantang Pilpres 2019 Kembalikan Ribuan Hektar Tanah ke Negara

oleh -145 views
Petahana Sindir Penantang Kembalikan Ribuan Hektar Tanah ke Negara

JAKARTA, Andonesia.com – Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo saat berkampanye di depan ribuan pendukungnya lagi-lagi singgung soal penguasaan lahan oleh para konglomerat.

Menurut Jokowi, salama dirinya jadi presiden sejak 2014 hingga hari ini, pemerintah mempunyai sejumlah program di antaranya adalah sertifikasi tanah dan perhutanan sosial.

“Karena tanah adalah aset penting ekonomi rakyat. Ini wujud kedaulatan dan kepastian hukum,” katanya pidato dalam Konvensi Rakyat di SICC, Bogor, Jawa Barat, Minggu (24/2/2019).

Selama 2017, pihaknya sudah membagikan 5 juta sertifikat. Kemduain tahun berikutnya 7 juta. Tahun 2019, Jokowi menargetkan pembagian 9 juta sertifikat dan tahun depan 11 juta.

Adapun mengenai perhutanan sosial, kata Jokowi, pemerintah sudah bagi-bagi konsesi kepada rakyat di sekitar hutan sebanyak 2,6 juta hektare. Jumlah itu bagian dari 12,7 juta hektare yang sudah dipersiapkan pemerintah namun belum dibagikan.

“Ini konsesi tanah untuk rakyat, untuk rakyat kecil,” katanya.

Kemudian, Jokowi berkomentar perihal keinginan penerima konsesi besar yang mau mengembalikan lahan kepada negara. Meski tidak menyebut nama, puluhan ribu pendukung Jokowi-Ma’ruf yang hadir mengetahui bahwa sosok yang dimaksud adalah capres nomor urut 02 Prabowo Subianto.

Baca juga: 5 + Janji Jokowi Bila Terpilih Lagi Jadi Presiden Indonesia