PT EML Optimis Temukan 70 Juta Barel Minyak di Saronggi, Sumenep

oleh -310 views

PT EML Optimis Temukan 70 Juta Barel Minyak di Kec. Saronggi, SumenepSUMENEP, ANDONESIA.COM — PT Energi Mineral Langgeng (EML) yakin bahwa target 70 juta barel minyak bisa dicapai di tajak pemboran Sumur Eksplorasi ENC-20 di Kecamatan Saronggi, Kabupaten Sumenep. Hal itu diungkapkan General Manager EML, Sopandi Tossin dalam acara peresmian kegiatan tajak, Ahad (9/9/18).

“Kami memperkirakan besar sumberdaya sekitar 70 juta barel minyak”, ujar alumnus Institut Teknologi Bandung (ITB) ini.

PT EML Optimis Temukan 70 Juta Barel Minyak di Kec. Saronggi, Sumenep
Peresmian ditandai dengan pemukulan gong

Kontraktor Kontrak Kerjasama (KKKS) PT Energi Mineral Langgeng (EML) akhirnya memulai kegiatan tajak pemboran Sumur Eksplorasi ENC-02, setelah melakukan persiapan sekitar tiga bulan.

Sementara itu, Kepala Departemen Operasi SKK Migas Perwakilan Jabanusa Indra Zulkarnain mengaku terkejut setelah tahu bahwa pemilik rig yang digunakan dalam kegiatan ini adalah warga Sumenep. “Jadi ini TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri)-nya bisa dibilang 100 persen. Dari situ saja, investasinya kembali lagi ke warga yang berasal dari Kabupaten Sumenep,” tuturnya.

PT EML Optimis Temukan 70 Juta Barel Minyak di Kec. Saronggi, Sumenep

Pria yang akrab disapa Indra ini menjelaskan, SKK Migas mewakili pemerintah sangat menghargai PT EML yang mau berinvestasi di Kabupaten Sumenep. Dia juga menegaskan, karena masih dalam tahap eksplorasi, maka seluruh biaya dan resiko sepenuhnya ditanggung PT EML.

“Semua biaya belum dikeluarkan oleh SKK Migas atau pemerintah. Jadi semua biaya yang diinvestasikan di sini masih merupakan biaya dari PT EML. Nanti dikembalikan oleh SKK Migas kalau sudah ditemukan cadangan migas yang ekonomis. Kalau nggak ekonomis, kita nggak akan kembalikan biayanya,” tegasnya.

PT EML Optimis Temukan 70 Juta Barel Minyak di Kec. Saronggi, Sumenep

Kemudian, melalui sambutan tertulis yang dibacakan Asisten Ekonomi dan Pembangunan Carto, Bupati Sumenep A. Busyro Kariem juga menegaskan bahwa pemerintah daerah senantiasa mendukung setiap ikhtiar, baik yang dilakukan oleh pribadi, kelompok, maupun korporasi, yang bisa memberikan dampak positif bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Sumenep.

“Bapak Bupati Sumenep juga berpesan, agar SKK Migas dan EML senantiasa memperhatikan aspek keamanan dan keselamatan kerja dalam tajak ini. Tingkat resiko harus dikendalikan seminimal mungkin, dan keberhasilan eksplorasi ini adalah harapan kita bersama,” imbuh Carto saat membacakan sambutan Bupati.

PT EML Optimis Temukan 70 Juta Barel Minyak di Kec. Saronggi, Sumenep

Mengenai PT Energi Mineral Langgeng

Sopandi Tossin selaku General Manager PT. EML juga menuturkan, PT. Energi Mineral Langgeng merupakan perusahan migas nasional yang murni dimiliki oleh pribumi dan tidak ada kontaminasi modal dari luar. Sampai saat ini, menurut Sopandi, secara keseluruhan personel pengelola perusahaan juga merupakan pribumi tulen.

“Rig yang kita lihat berdiri (di lokasi) ini, juga dimiliki pribumi yang berasal dari Sumenep,” ujarnya seraya memperkenalkan pimpinan PT Roda Drilling Nusantara, pemilik rig RDN 101 yang digunakan oleh EML untuk pekerjaan pemboran Sumur Eksplorasi ENC-02. (AD)

PT EML Optimis Temukan 70 Juta Barel Minyak di Kec. Saronggi, Sumenep