Tantangan Berat Timnas Indonesia U-16 dalam Piala Asia 2018

oleh

JAKARTA, ANDONESIA.COM – Tantangan berat Timnas U-16 dalam Piala Asia 2018. Pasalnya di perhelatan itu, Indonesia akan berduel melawan tim-tim besar dari berbagai negara di Asia.

Timnas Indonesia U-16 di Piala Asia menargetkan lolos semifinal. Pelatih Timnas U-16, Fakhri Husaini menyampaikan, memasang target empat besar Piala Asia U-16 agar bisa membawa Garuda Asia lolos Piala Dunia U-17 2019 di Peru.

Memang cukup berat tantangan Timnas Indonesia U-16, lantaran lawan tandingnya pada Piala Asia 2018 bukan tim sembarangan melainkan tim kuat dan luar biasa. Pasukan Garuda Asia harus lolos dari adangan tim kuat untuk menembus target empat besar. Mulai dari fase grup, skuat Garuda Asia harus menghadapi salah satu tim kuat asal Timur Tengah yakni Iran.

Iran mempunyai satu gelar Piala Asia U-16 2008 yang dihelat di Uzbekistan. Selain itu, India dan Vietnam juga bakal melawan skuat besutan Fakhi Husaini ini.

Belum berhenti, bila Timnas U-16 mampu lolos dari fase grup, telah dihadang tim kuat dari Grup D. Grup D terdiri dari tiga tim kelas dunia yaitu Irak, Korea Selatan, dan Australia serta satu tim kuda hitam Afghanistan.

Irak lolos ke Piala Asia U-16 tahun ini dengan status juara bertahan. Adapun Korsel sudah dua kali raih gelar juara Piala Asia U-16 pada 1986 dan 2002, sementara Australia dua kali tembus empat besar Piala Asia U-16 pada 2010 dan 2014.

Namun demikian, optimisme layak digaungkan di pundak skuat Garuda Asia yang baru saja menjuarai Piala AFF U-16 2018. Dan lagi, Timnas U-16 sama sekali belum pernah kalah sejak Piala AFF U-16 hingga berbagai uji coba di Malaysia. (*)

Penulis: Suhardi

Editor: Suhardi

Sumber: Kompas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *